PPID Kota Banda Aceh Gelar Lokakarya Review Daftar Informasi

20130926_093656
Sesuai dengan komitmen Kota Banda Aceh dalam mewujudkan Banda Aceh yang terbuka dan transaparan. Serta sebagai upaya mengimplementasikan UU No.4 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bertempat di Aula Gedung A Lt IV Balaikota Banda Aceh, Dishubkominfo Kota Banda Aceh selaku PPID Utama (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) bekerjasama dengan Kinerja USAID telah menggelar Lokakarya Review Draft Daftar Informasi Publik.
Acara yang dibuka secara resmi oleh Asisten III Banda Aceh Ir. Bahruddin Hasan ini dihadiri oleh seluruh SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh yang merupakan PPID Pembantu termasuk didalamnya Dinas, Badan, Kantor, Kecamatan dll. Tampil sebagai keynote speaker dihari pertama Sekretaris Daerah Banda Aceh T. Saifuddin TA yang memaparkan seputar Keterbukaan Informasi Publik dan motivasi kesiapan Banda Aceh untuk mewujudkan keterbukaan tersebut.
Lokakarya ini dikemas dalam bentuk pendampingan teknis kepada setiap PPID pembantu (SKPD/ unit Kerja) untuk dapat mengklasifikasikan dan mengkategorikan informasi publik kedalam draft daftar informasi yang nantinya akan disajikan ke publik secara umum. Untuk memaksimalkan pemahaman tiap peserta, lokakarya ini dilaksanakan dalam 2 hari (25-26/9) di ruangan Balaipraja dimana perharinya diikuti oleh 21 Unit kerja.
Peserta yang ikut dalam lokakarya ini umumnya telah memahami data informasi yang akan dikelola di masing-masing instansinya hanya saja data tersebut masih belum terklasifikasikan dalam draft daftar informasi yang sesuai dengan undang-undang. Pendampingan teknis review penyusunan daftar informasi ini digelar dengan fasilitator Cut Asmaul Husna dari Kinerja USAID dan Bustami, SH dari Sekretariat PPID Utama Banda Aceh .